5 Tips Merancang Booth Pameran yang Menarik

Hasil gambar untuk 5 Tips Merancang Booth Pameran yang Menarik

Dalam membuat booth pameran yang menarik ada banyak faktor yang perlu dilihat. Kenapa beberapa unsur itu penting untuk dikerjakan karena perusahaan yang mempunyai stand dalam suatu pameran rata-rata memakan waktu 3 detik untuk menarik ketertarikan pengunjung lewat penampilan visual booth mereka.

Oleh karenanya, perusahaan harus manfaatkan secara baik waktu 3 detik itu untuk mengkomunikasikan pesan merek penting mereka pada pengunjung kontraktor pameran surabaya supaya mereka terpikat serta hadir berkunjung ke booth. Ini bisa ditempuh dengan pemakaian stand yang mengundang perhatian.

Karena itu pada artikel ini akan diterangkan tentang beberapa panduan design yang bisa diterapkan pada stand pameran supaya kelihatan lebih menarik, hingga waktu 3 detik untuk customer itu bisa berjalan selama-lamanya.

1. Formasi 

Yang disebut dengan formasi di sini yaitu kesatuan di antara bentuk, warna, gambar serta teks supaya membuat penampilan serta rasa yang kohesif. Cara-cara yang bisa ditempuh untuk memperoleh formasi paling baik dalam stand jasa kontraktor pameran surabaya ialah :

a. Pengaturan sesuai dengan hirarki
Pengaturan komponen visual menurut hirarki bermakna mengelompokkan komponen grafis menurut tingkat keperluannya sesuai dengan ukuran serta kepastian. Misalnya simbol perusahaan yang penting, diwajibkan mempunyai ukuran semakin besar dibandingkan komponen pelengkap yang lain.

b. Ide kontras
Kontras bisa ditempuh dengan pemakaian warna kontras atau type huruf yang kontras. Warna yang kontrs bisa memakai type warna berlainan di lingkaran warna (hue) atau tingkat gelap-terang yang berlainan jauh. Sedang untuk tulisan, arah bisa sesuai yaitu dari kiri ke kanan, hingga info yang tercatat bisa mempermudah jalur perhatian pengunjung.

c. Poin of Interest
Tiap bentuk design tentu mempunyai titik penting (focal poin) untuk mengundang perhatian. Komponen yang mengundang perhatian di sini bisa berbentuk simbol, mock up produk dalam ukuran yang berlainan jadi dekorasi atau komponen design lain yang bisa membuat pengunjung tertarik dengan produk yang Kamu menawarkan.

2. Pemakaian Warna 

Warna ialah detil yang sangat penting pada suatu stand pameran, sebab warna mempunyai potensi untuk membuat situasi atau mood ruangan. Kombinasi warna sebaiknya menarik, enak dilihat serta eye catching. Walau warna harus berkelanjutan dengan dengan keseluruhnya design stand, tetapi warna itu harus tetap membuat stand penjualan jadi lebih mencolok serta mempunyai serasi. Yang disebut serasi di sini yaitu pengaturan warna yang menarik untuk membuat prospek serta keteraturan visual pada stand.

Aplikasi warna yang begitu norak upayakan tidak untuk diterapkan pada komponen yang membutuhkan jarak pandang yang dekat pengamatannya. Warna ini bisa dipakai untuk komponen yang memerlukan jarak pandang jauh serta diperuntukkan untuk menarik customer dari jauh. Jauhi warna yang begitu bermacam, sebab design bukan sekedar tertuju pada warna dan juga kesatuan warna dengan komponen design lain seperti tulisan, grafis serta bentuk.

3. Tempat Komponen Grafis 

Ukuran, keterbacaan serta arah perletakkan komponen grafis, baik gambar atau tulisan, ialah unsur yang perlu diperhitungkan dalam menempatkan komponen grafis dalam stand. Kelompok grafis bisa dibagi jadi 3 sisi untuk mempermudah design serta tata terletak dalam suatu stand kontraktor booth pameran surabaya .

a. Grafis penting jarak jauh yang terdapat di stand harus bisa bisa dibaca pada jarak kira-kira 30 mtr.. Grafik penting ini bisa berbentuk simbol perusahaan, tulisan merk produk atau gambar dari produk penting yang perusahaan Kamu menawarkan.

b. Grafik penting yang dipakai untuk stand type peninsula exhibits atau island exhibits bisa ditempatkan di atas menara gantung atau papan gantung.

c. Untuk pameran in-line (inline exhibits), grafis bisa ditempatkan dibagian atas kanopi, dibagian dinding belakang serta harus dipertunjukkan dengan ketinggian maximum yang diperbolehkan oleh faksi pelaksana.

4. Munculkan Rasa Ingin tahu pada Customer 

Bersamaan dengan perubahan tehnologi, peluang untuk mengundang perhatian pengunjung lewat pengembangan grafis atau tehnologi sangat mungkin untuk ditambahknan.

Manusia ialah makhluk visual, karena itu kehebatan feature audio visual seperti pemakaian monitor sentuh atau monitor plasma interaktif bisa dipakai di stand pameran Kamu. diluar itu untuk data penting usaha Kamu, kamu dapat memakai chart, grafik, infografis atau contoh yang bisa menyederhanakan ide kompleks.

Citra grafis yang bisa diaplikasikan pada stand penjualan diantaranya ialah :
a. Gambar atau tulisan tebal dengan latar yang simpel bisa membuat visual terlihat lebih jelas serta mempermudah perolehan pesan
b. Pakai gambar yang mempunyai resolusi tinggi
c. Pakai gambar orang yang beraktivitas, jangan kebanyakan memakai gambar panorama
d. Pakai musik atau suara yang bisa menarik serta membuat nyaman pengunjung, tetapi jangan begitu berisik.

5. Branding 

Perusahaan yang ikuti pameran dagang, penting untuk memperlihatkan ciri-ciri merk Kamu. ciri-ciri serta kepribadian merk ini bisa dianalogikan seperti ciri-ciri manusia yang mempunyai kejujuran, keadilan, keramahan, kredibilitas serta loyalitas pada beberapa konsumen setia.

Saat rencana persiapan pameran, tetapkan target demografi customer serta kelebihan merk perusahaan yang bisa ditawarkan pada pengunjung. Dengan demikian Kamu bisa memastikan ide visual booth pameran Kamu jadi pengikat serta fasilitas komunikasi pada customer perusahaan.

Waktu berencana ide merk (branding) serta visualisasi stand, Kamu bisa memakai contoh-contoh pertanyaan tersebut ;
a. Apa merk Kamu terhitung merk feminine, maskulin atau untuk semua gender?
b. Siapakah target customer Kamu? Tua, muda, remaja atau anak?
c. Apa perusahaan Kamu adalah industri kekinian atau tradisionil?
d. Apa merk Kamu adalah produk resmi atau produk entertain? , dan lain-lain.

Beberapa pertanyaan itu akan menggiring Kamu untuk memastikan ide visual stand dari mulai pemakaian warna, font tulisan, bentuk yang menguasai, komponen penambahan sampai pencahayaan.

Demikian 5 panduan membuat booth pameran yang menarik, simak juga 15 kunci sukses ikuti pameran atau exhibition

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar